Sere Intan Sinaga memaparkan tentang Kesetaraan Gender

Pekanbaru, Masih lemah atau bahkan tidak sampainya pemahaman kesetaraan gender dikalangan masyarakat awam juga menjadi penyebab tingginya tingkat kekerasan yang menyerang perempuan dan anak yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya, bukan hanya di kota besar namun juga di pinggiran Ibukota Provinsi. Banyak kasus yang berkaitan dengan perlindungan perempuan dan anak yang terjadi di Pekanbaru dan menjadi sorotan Nasional. Hal ini merupakan salah satu bukti rendahnya pemahaman dan kesadaran hukum masyarakat. Berbagai kasus yang terjadi seperti penjualan bayi, KDRT, pemerkosaan, pencabulan, penculikan anak, bahkan yang paling tragis adalah anak sebagai korban pembunuhan dan mutilasi.

Sabtu, 25/04/2015, Lembaga Bantuan Hukum Pekanbaru bersama komunitas Cinta Baca menggelar penyuluhan hukum terkait dengan kesetaraan gender di Jalan Pemudi gang Taufik, Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terhadap hukum dan kesetaraan gender.

 
Warga antusias mendengar pemaparan Kesetaraan Gender
 

“LBH Pekanbaru terbeban untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan hukum dan Masyarakat diharapkan semakin kritis, jeli dan memiliki kepekaan yang tinggi tentang masalah-masalah hukum, namun patut juga disadari bahwa sikap kritis tersebut terkadang tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang utuh tentang hal-hal yang berkaitan dengan hukum secara teoritis maupun dalam aplikasinyanya sehari-hari. Oleh sebab itu pembentukan dan pembinaan Desa Sadar hukum dapat menjadi salah satu solusi yang mampu memecahakan persoalan-persoalan hukum yang dihadapi masyarakat di tanah air, terutama mereka yang berada pada kategori masyarakat yang kurang memahami hukum dan sering kali terabaikan” ujar Sere Intan Sinaga, Advokat Publik LBH Pekanbaru.

Sere Intan Sinaga (Advokat Publik LBH Pekanbaru)

“Kegiatan ini sangat berharga bagi masyarakat untuk menyadarkan masyarakat arti penting hukum dan kesetaraan gender, kami sangat berterimakasih kepada LBH Pekanbaru yang memberikan pengetahuan akan hukum” ujar seorang warga yang mengikuti penyuluhan tersebut.

“Kegiatan ini bukan hanya sekali ini dilaksanakan, akan ada penyuluan selanjutnya kepada warga dengan materi kekerasan dalam rumah tangga, kami harapkan warga tetap antusias mengikutinya” tutup Sere Intan. (Rian – LBH Pekanbaru)